Tuesday, October 10, 2017

10 Langkah Memotivasi Karyawan

1. Menunjuk satu orang jadi Chief Happiness Officer 
Situasi hati yang baik itu gampang menyebar serta kerapkali buat hubungan antar karyawan jadi lebih gampang. Chief Happiness Officer bisa memakai satu diantara sembilan saran yang terdaftar di bawah untuk membuat serta membudayakan situasi kerja yang sehat. Hal-hal lain yang bisa dikerjakan umpamanya merubah dekorasi kantor, sediakan makanan kecil sehat untuk kudapan, sediakan peluang pada karyawan untuk sharing pengalaman tentang project pribadi atau perkerjaan suka-rela yang berbentuk amal yang dikerjakan dengan kolega. Semuanya praktik yang baik ini bisa menyebabkan dinamika positif, seperti yang muncul dari “Pyjama Parties” yang di cetuskan oleh Tony Hsieh, CEOs of Zappos, yang popular dikalangan customer serta karyawan1. 




2. Mendorong kreatifitas 
Inspirasi yang di inspirasi dari Google ini memberi peluang pada karyawan Anda untuk memberikan 20% dari saat kerja mereka untuk ikut serta dalam project kreatif serta inovatif yang pastinya juga untungkan buat perusahaan. Rencana yang hasilkan Gmail2 serta 3M3 post-it yang populer itu, menunjukkan kalau dengan memberi kendali penuh pada kreatifitas karyawan bisa hasilkan dividen. 




3. Beri saat pada karyawan untuk konsentrasi pada diri mereka sendiri 
Tiap-tiap bulannya, sekitaran 8. 000 karyawan Linkedin memakai hari Investment (akaInDays) untuk fokus diri pada project pribadi yang bukanlah jadi sisi dari pekerjaan mereka satu hari hari ditempat kerja. Mereka didorong untuk menggunakan selama seharian itu untuk mencari ide fresh, mencari pengalaman baru, serta pikirkan masa depan. Pendekatan ini sangat mungkin karyawan untuk merangkul nilai serta budaya yang dipunyai perusahaan sembari tetaplah menguber pengembangan pribadi mereka. 




4. Berikan motivasi karyawan lewat tantangan bersama 
Studi memerlihatkan kalau tingkat retensi yang tertinggi yaitu ketika Anda bisa melibatkan karyawan untuk fokus perhatian mereka disuatu maksud dengan. Rencana motivasi dengan ini lah yang di dukung oleh Virgin Pulse, satu program yang diperuntukkan untuk mempromosikan rutinitas baik yang bisa tingkatkan kesehatan serta kesejahteraan karyawan. Kampanye itu berhasil menarik 1. 5 juta peserta serta sangat mungkin perusahaan mengerahkan karyawan untuk ikuti tantangan yang terkait dengan rutinitas makan sehat, olah raga, serta tidur teratur sembari selalu mendorong karyawan untuk mengambil pola hidup sehat baik dirumah ataupun di kantor. 




5. Buat karyawan Anda jadi pimpinan dari project mereka sendiri 
Bahkan juga perusahaan besar bisa menolong meningkatkan semangat wiraswasta. Karyawan Apple senantiasa didorong untuk kerjakan project, sendiri atau dalam group, dengan atau tanpa ada supervisi dari manajer. Dari program seperti berikut Macintosh dilahirkan, di desain oleh tim yang diimpikan yang terbagi dalam 20 insinyur yang di pimpin oleh Steve Jobs muda. Kebebasan yang bertujuan pada budaya perusahaan begini makin luas penebarannya sekarang ini, (Business Challenge at PepsiCo, Le Village de l’Innovation at Crédit Agricole, etc.), karena kekuatannya untuk mengelola bakat serta kreatifitas karyawan. 




6. Mengenalkan program meditasi 
Latihan meditasi tengah popular sekarang ini. Di Sodexo, satu program yang mengenalkan karyawan Sodexo Benefits and Rewards Services pada program yang melatih kekuatan untuk mengatur konsentrasi (mindfulness) dapat dibuktikan berhasil. Terkecuali keuntungan serta membuat kerja sama antar tim, program ini memberi 27% kenaikan rasa nyaman di tempat kerja, sekalian membuat empati yang lebih pada kolega yang ikut serta didalam program. 




7. Memberi fleksibilitas 
Karyawan yang mempunyai pengetahuan serta kekuatan (well-rounded) umumnya mandiri, tenang serta bisa memegang tanggung jawab. Rencana ini sekitar pada pendekatan suka-rela yang memperbolehkan karyawan untuk mengatur saat serta kerja mereka se-fleksibel mungkin saja sesuai sama kerangka usaha perusahaan. Keuntungan ganda yang didapat : karyawan terasa mereka diberi tanggung jawab serta keyakinan lebih oleh perusahaan, serta di waktu yang berbarengan, Anda menyingkirkan stress yang disebabkan oleh perjalanan jalan raya pulang – pergi kantor yang dapat memberi dampak negatif pada motivasi serta kemampuan karyawan. Jadi contoh inspiratif dari Ctrip, satu agen perjalanan di China. Gagasan bekerja dirumah tingkatkan produktifitas sampai 13% dari 255 karyawan sebagai sisi dari program serta tingkat turnover karyawan turun sampai 50%4. 




8. Tawarkan perubahan situasi pada karyawan 
Perubahan situasi terkadang bisa buka fikiran kita serta tingkatkan produktifitas. Kimberly Elsbach5, seseorang profesor management yang pelajari psikologi tempat kerja menyebutkan kalau perubahan lingkungan bisa tingkatkan kreatifitas, terlebih di lingkungan yang benuansa alami seperti pedesaan, rimba atau pantai. Banyak tempat bekerja dengan (coworking spaces) yang tawarkan alternatif beda untuk bekerja diluar kantor. Hootsuite mengenalkan inspirasi kreatif dengan memperbolehkan karyawannya untuk bekerja di teras atapnya (rooftop), tempat yang prima untuk diganggu oleh sarang laba-laba! 




9. Mengenalkan hari “Membawa Keluarga ke Tempat Kerja” 
Apa yang lebih perlu dari hidup terkecuali keluarga? Memberikan pada keluarga di mana tempat kita bekerja senantiasa jadi pengalaman yang bernilai. Satu loka karya (workshop) tentang perilaku anak-anak yang diselenggarakan Sodexo, sangat mungkin karyawan untuk membawa anak mereka ke tempat kerja sepanjang musim berlibur sekolah, di mana mereka bisa melibatkan diri pada beragam kesibukan yang digerakkan oleh beberapa profesional. Gagasan ini meningkatkan sosialisasi dalam perusahaan sekalian buat hidup beberapa orangtua jadi lebih gampang sepanjang loka karya berjalan. Progam ini dilandasi oleh “Take Your Parents To Work Day” yang dicanangkan oleh Google tetapi dengan konsentrasi yang berlainan, sudah memberi dampak positif pada rasa kebanggaan serta kebersamaan pada karyawan. 




10. Menggarisbawahi perlunya peristiwa perlu dalam hidup 
Ulangtahun serta penikahan yaitu hari yang khusus dalam kehidupan karyawan. Perlu untuk Anda untuk memberikan pada mereka kalau Anda turut berbahagia. Memberi kue, mengatur pesta kecil atau menghadiahkan. Semuanya gagasan simpel ini di ciptakan untuk membuat ikatan yang lebih kuat pada Anda dengan karyawan. Percayalah bawah kemurahan hati Anda juga akan dihadiahi oleh karyawan yang bahagia, bermotivasi serta tingkat engagement yang tinggi. 

No comments:

Post a Comment